Sunday, January 2, 2011

Akuntansi itu Amanah , Seni itu Hidupku

Emang kalo ngebicarain soal impian dan cita – cita pasti kadang aja ada perasaan bimbang , bingung , ga yakin atau mungkin bahkan adanya pertentangan dari keluarga yang maunya beda dari apa yang kita pengen .
Kita maunya jadi insinyur etapi mama mau kita jadi dokter misalnya . Kalo kita ga nurutin apa kata mama kita dibilangnya durhaka , dan takut ga sukses lah .. dan masih banyak segala nya . Sama , aku juga gitu . Waktu dari kelas X ke kelas XI saat penjurusan , mama sama papa ngebebasin deh tuh mau masuk IPA apa IPS . Tadinya sih aku maunya IPA, tapi ternyata aku liat aku bakalan sukses ( Amin ) di IPS , jadi aku masuk IPS. Dan mereka sama sekali ga komen apa – apa yang bisa nurunin semangatku .

Tapi , saat di kelas XI ini , waktu aku udah ngambil ancang – ancang milih jurusan buat entar kuliah , Astagfirullah … banyak banget hambatannya .

Aku waktu itu pernah nangis waktu ngomong ama mama soal ini . Aku pengennya masuk FISIP kalo ga SASTRA , tapi kata mama ,
 “ Kamu mau kerja jadi apa ? HI ngapain ? SASTRA apalagi .. , kalo mau nyari jurusan tuh bener – bener , sambil liat dulu ke depannya entar cari kerjanya gampang apa engga . Jangan yang penting UI . Liat tuh ka Dhesta , dia ngambil Akun ,entar kerjanya enak … “



Bener – bener saat itu aku diuji kesabarannya . Aku pengen banget ngambil HI waktu itu  karena aku pengen bisa kerja dan tinggal diluar negeri . Apalagi Jerman dan Inggris itu impian aku banget buat kesana .
Kalo SASTRA , aku emang anak SENI , aku suka semua jenis SENI , Musik , Rupa atau Sastra . Tapi karena di UI ( Universitas Impian aku ) hanya ada jurusan yang ngemuat Sastra , ya aku pengen banget belajar Sastra – Apalagi Sastra Jerman atau Inggris . Pokoknya yang berhubungan deh sama impian aku buat pergi ke negara – negara itu .

Aku sama sekali ga berfikir buat masuk Manajemen , Ekonomi , apalagi Akuntansi . Yaa mau digimanain lagi , emang ga minat . Makanya , waktu aku dipaksa buat ngikutin jejak kakakku yang masuk Akuntansi Komputer di UI , ya aku berontak . Aku gamau .

Tapi , lama – lama aku sadar , kebutuhan hidup itu bakalan semakin naik , kita gatau gimana nilai uang akan jadi begitu sangat berharga kalo kita ga punya itu . Perlahan , aku mulai bisa dan mau nyoba buat masuk Akuntansi UI .

Walaupun belum sepenuhnya yakin , dan aku selalu terngiang kata – kata ini , ( aku lupa siapa yang bilang )
“ Sesungguhnya jika kamu tidak menginginkan sesuatu tapi kau terus mengatakannya kepada dirimu sendiri , itu belum dapat menjadikanmu untuk meraih impianmu .”

Aku harus merubah semua pikiran ku , dan harus meyakinkan sepenuh hatiku buat masuk AKUN UI . Semenjak itu , aku jadi mikir , entar kalo aku udah sukses , udah punya uang , aku bisa kok kuliah HI atau SASTRA , yang penting bahagiain orang tua dulu .
FISIP yang didambakan


Jadi inget waktu pergi ke Humaniora Islamic Festival di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, 28 Desember 2010 yang lalu , ada Mba Asma Nadia yang bilang sesuatu mengenai sebuah mimpi .

Di FIB menemukan sebuah pelajaran berharga


“ Sesungguhnya sebagian ( setengah ) dari impianmu adalah mimpi orang tuamu . Jadi , ambil setengah dari bahu mereka , taruh dibahumu dan jadikan itu sebagai impianmu .. “

Terharu banget waktu Mba Asma ngomong kayak gitu . Kita harus rela berkorban ,apalagi ke Orang tua kita yang udah susah payah buat ngurus kita dari kecil , coba deh bales kebaikan mereka dengan mewujudkan minimal satu impian mereka . Walaupun itu juga belum seberapanya dibanding sama pengorbanan mereka .

Pelajaran – pelajaran hidup yang secara ga langsung aku dapet itu , ngebuat mataku kebuka dan sadar kalo kita harus nyingkirin keegoisan kita dulu lah ,apalagi sama orang tua . Wujudin dulu impian mereka selagi kita bisa dan masih punya waktu . Kita ga akan tau kalo nanti kita atau mereka yang lebih dulu dipanggil , dan impian itu belum terwujud , rasanya kan sakit banget .. 

Pada akhirnya nanti semua akan indah kok , percaya deh .. :D
Selalu Semangat Teman ! :D

No comments:

Post a Comment