Sunday, January 2, 2011

Maen Laser (?)




Waktu nonton Final AFF Suzuki Cup 2010 kemaren , emang si bikin gregetan  karena kita kalah telak 3-0 dari Malaysia di leg pertama, dan akhirnya ga bisa jadi juara AFF Suzuki Cup 2010 . Banyak banget sejuta masalah sepele yang jadi besar waktu kita maen lawan Malaysia . Yang sebetulnya mungkin ada saat kita tanding dengan negara lain , tapi ga ke ekspose.

Dari mulai masalah Laser , Supporter yang diperlakuin buruk dan macem – macemnya . Yaa.. terutama sih masalah laser . Ribeeeeet banget . Aku tau kok , kita cinta Negara Kita , kita Mau Garuda menang , tapi – kalo kita Cuma bisa nyari – nyari alesan dan salah satu alesannya gara – gara laser , seharusnya kita malu .

Media lebih banyak memberitakan tentang masalah laser yang diarahin ke pemain ini , ke pemain ini .. bahkan orang – orang di setiap jejaring sosial ribut ngeberitain tentang masalah laser . Aku tau , emang laser ini bakalan ngeganggu konsentrasi pemainnya , tapi coba deh alesan ini jangan dijadiin satu – satunya alesan kita kalah telak dari Malaysia .

Bukan kesannya buat ngebelain Malaysia , tapi kita itu serumpun , satu kawasan di Asia Tenggara tapi kenapa kita harus sebel sama sodara kita sendiri ? Dia punya salah kenapa ga kita maafin , toh , kadang kita juga ngelakuin salah kan ?

Jangan menyalakan api kalo kita gamau terbakar . Jangan buat masalah yang sepele jadi gede. Coba deh , cari alesan lain yang lebih logis buat cari tau kenapa Indonesia kalah di AFF Cup ?

Mental Pemain yang masih lembek ?
Jago Kandang ?
Pengalaman pemain yang Cuma di Indonesia aja ?
Terbuai akan penampilan kita yang waah banget dilaga sebelumnya ?
Atau hal lain .

Coba deh Instrospeksi diri kita dulu , kenapa bisa kalah . Jangan liat dari kelakuan Malaysia . Kelakuan Malaysia itu sesungguhnya hanya faktor dari luar yang efeknya Cuma sedikit karena baru kita temuin secara langsung , dan mungkin laser itu bisa kita lupain semenit kemudian , tapi kalo tekanan , mental atau masalah yang buat kita ga tenang , itu yang harus diberesin dan diantisipasi terlebih dulu . 

Negeri kita dan Malaysia banyak lo orang Muslim nya , masa iya mau si kita berantem dan kepecah . Inget lo .. Sesama Muslim Bersaudara . 


SEMANGAT GARUDA ku . Semoga tulisan ini bisa jadi sebuah bahan instrospeksi buat para pemainnya dan terutama bagi kita para supporter .
GO FIGHT WIN ! Yeayy ! :D



No comments:

Post a Comment