Tuesday, December 21, 2010

Wibawa Para Petinggi

Pernah lagi ngebayangin sekalian sharing – sharing gitu ama temen gara2 nunggu makanan turun kekenyangan . Tentang para petinggi organisasi. Okelah ya secara terbuka aja , toh ini ga begitu bahaya kok. Aku Cuma secara umum aja ngebahasnya.

 Tentang wibawa para petinggi – petinggi itu . Macemnya ketua umum , keputrian ( ROHIS ) , wakil .. pokoknya inti dari sebuah organisasi deh . Tentang kewibawaan dan pandangan para anggota tentang mereka .
Sebelumnya aku pengen nanya , kalian suka risih ga si kalo diperhatiin sama para petinggi organisasi sedangkan kalian Cuma anggota biasa ? Pasti kadang tuh ada perasaan yang bikin aneh  . Padahal kadang tujuan mereka merhatiin kita karena seneng ama kerjaan kita misalnya . Itu yang aku bilang sebagai Pesona Kewibawaan ( haha lebay ) .

Intinya emang , kita suka ngerasa risih kalo ada orang2 penting yang ada di sekitar kita takut wibawa kita turun , atau kita suka malu gara – gara kita nganggep kalo kita itu lebih rendah dari mereka. Padahal kan intinya itu semua manusia itu derajatnya sama , Cuma *kata buku sosiologi , tentang stratifikasi* secara ga langsung pasti ada penggolongan dalam masyarakat berdasarkan atas sesuatu yang lebih . *Sesuatu yang lebih dalam konteks kali ini yaitu jabatan . *

Penjelasannya gini :
Karena orang nganggep jabatan yang lebih tinggi itu lebih dihormati makanya kita kadang suka ngerasa minder . Padahal , belom tentu loh mereka para petinggi itu nyaman dengan jabatannya itu , dan kadang juga para petinggi itu ga mikirin tentang status atau jabatan mereka. Malah mereka mikir kita yang terlalu berebihan menghormati mereka.

Contoh nyatanya gini :
Dulu sebelum LDK dan pengumuman KARO dan KAPUT . Seorang cewe yang nantinya akan jadi kaput ini orangnya asik dan temen-temennya tuh yang bersikap biasa aja ke dia . Apalagi geng anak – anak slengean yang ada di kelasnya tuh sikapnya biasa aja . Cuma waktu dia kepilih jadi kaput totally sikap mereka beda ke cewek ini. Nah si cewek ini kan jadi ngerasa aneh . Emang segitunya yaa? Jd kaput terus kayaknya sikap tuh jadi beda dan dibedain ? Padahal pengennya si cewek ini si yang wajar aja kayak sebelum dia jadi kaput .

Ada ni contoh yang lain . Saat para petinggi itu mencoba melepaskan image mereka sebagai orang yang kaku dan serius , kita seolah – olah ga percaya kalo sebenernya kepribadian yang mereka tunjukkin saat itu emang asli kepribadian mereka .
Gampangnya gini :
Seorang KARO yang ditakutin dan dihormatin , tiba – tiba ngelawak- Foto bareng – bareng gaya bebas tp gayanya yang alay sendiri atau imut – imut lucu . Pasti kita yang langsung heboh gini , “ Astagfirullah , ga nyangka bang tuuut ternyata alay juga “ atau ga gini , “ eh masa bang tuuut fotonya 4l4y abich .. “ hahaha .
Kita ga tahu sebenernya gimana pribadi orang tersebut. Mungkin dia sebetulnya orangnya Alay , atau Gokil atau Easy Going , atau pecicilan dan atau atau lainnya … tapi karena jabatan petinggi yang dia sandang secara ga langsung dari kita sebagai anggota terutama – ngejudge kalo para petinggi itu orangnya serius – serius . Walopun kia pernah deket sama dia , kita tahu kepribadian dia , tetep aja deh ada sebersit pikiran kalo para petinggi itu adalah orang – orang penting yang serius dan ga puya image jelek. J
Lain kalo dari sisi mereka para petinggi . Mereka mikirnya tuh enak ya jadi orang biasa yang ga harus menutupi kepribadian mereka yang aslinya dengan jabatan yang ada.

Aku pernah ngebayangin kalo aku jadi KAPUT ( hahaha beneran ini mimpi banget ) : aku ngebayangin kalo aku harus belajar ngomong lembut , ketawa ga boleh ngakak kaya biasa , ga boleh manjat pohon , kalo duduk ga boleh ngangkang …. . Dan kalo aku ngelakuin larangan – larangan diatas atau ga pas lagi kelupaan aku adalah seorang kaput , pasti orang – orang yang ada di sekitar aku langsung bilang “Astagfirullah ga nyangka kaka ternyata ….”. Yah , abis mau kaya gimana lagi emang sebenernya kaya gitu…
Aku mikir kalo ternyata jabatan yang membawa kewibawaan bisa membuat kita lupa akan siapa diri kita sebenernya. Memalsukan kepribadian .

Jarang orang yang punya wibawa dan derajat lebih tinggi mau secara terang – terangan nunjukkin kepribadian yang sebenernya . Dan orang yang kayak gitu yang kita sebut dengan orang yang rendah hati . Dia ga peduli orang mandang dia tinggi  dan dia juga gamau boongin dirinya sendiri dengan memakai topeng kepribadian lain . bener – bener salut sama orang kaya gitu . Dia berani nerima resiko dan kritikan yang bakalan buat dia perlahan – perlahan membuat perubahan baik *kalo kritikan itu yang tajem* dan dia berubah dari sebuah proses belajar yang ngajarin dia mana yang baik dan mana yang buruk bukan dari sebuah jabatan . Karena kalo dari jabatan bisa aja perubahan yang baik buat dirinya dia itu terlepas seiring lepasnya jabatan yang dia pegang . ( Mudah- mudahan sih karena udah kebiasaaan jaga image , jadi berubah beneran ke tahap yang lebih baik ) .

Inti dari semuanya : para petinggi yang kalian hormati sebenernya punya sisi lain untuk dipersamakan derajatnya sama anggotanya . Terkadang kita yang terlalu berlebihan dengan sikap kita menghormati mereka . Toh , sebetulnya manusia itu derajatnya sama.

Emmm , kayaknya udah dulu deh segini aja . Udah kelewat serius ini mah .
 Mudah – mudahan temen – temen bisa ngambil pelajaran dari postingan kali ini .
Find your Trully Personality !

No comments:

Post a Comment