Tuesday, December 28, 2010

Weees Mantab .. ( Abang gueee tapinya )



Kaka atau adik atau orang - orang terdekat bisa jadi inspirasi buat kita . Minimal jadi kayak mereka atau paling ga hampir kayak mereka ..
Emang kadang bikin gregetan kalo ngeliat mereka lebih sukses daripada kita , tapi coba deh mikir , kita juga bisa kan kayak mereka ?. Kalo kalian tipenya yang gamau dan gasuka dibanding - bandingin sama orang lain , ini bisa jadi motivasi buat kalian buat ngebuktiin kalo kalian juga ga kalah dari mereka .

Misalnya , kakak kalian tuh jago ngomong , juara lomba ini itu , bintang kelas , ketua OSIS atau BEM , dan sebagai sebagai sebagainya deh .. yang bagus bagus ..
Nah , kalian juga harusngebuktiin kalo kalian juga gamau kalah dari mereka . Mungkin kendalanya adalah : Kepribadian dan sifat kalian yang berbeda dari mereka .
Kalian itu orangnya diem , kalo ngomong dalem hati .. ga pedean , cuek , pokoknya berbanding terbalik deh sama kakak kalian gitu misalnya . Gimana caranya coba buat nyudahin perbandingan yang terus dilakuin  orang orang ke kalian sama kaka kalian ?

Gampang aja lah caranya .... 
Pertama : 
Kalian harus kenal dulu sama diri kalian  sendiri . Setiap orang itu unik . Punya pribadi yang berbeda satu sama lain . kalian ga bisa dibandingin sama kaka kalian atau siapapun .Kalian punya ciri khas sendiri gimana , kaka kalian juga punya ciri khas .
Mungkin kaka kalian cerewet , jago ngomong sama ngeles makanya menang segala macem lomba debat . tapi kalian tuh yang diem kalo ngomong dalem hati , cepet kipa .. tapi kalian bakat dimusik atau seni , coba deh kembangin diri kalian disitu , siapa tahu bisa jadi Juara Lomba Piano atau ngelukis . Who knows kan ?

Kedua :
Mencoba serius ke sesuatu . 
Ini kalo dibandinginnya sama kaka atau sodara yang juara kelas melulu .. Orang tua kalian ngeliat kalian tuh yang belajar selalu ogah - ogahan , tapi ternyata kalian juga bisa jadi juara kelas . Beda sama kaka kalian yang selalu tiap malem belajar - duduk didepan meja belajar . Ortu kalian nganggep kaka kalian tuh lebih sungguh - sungguh dan kamu cuma sekedar hoki doang bisa ranking dikelas . Coba rubah pandangan ortu kalian itu jadi sebuah keyakinan kalo kalian emang layak jadi juara , misalnya sekali - kali gitu serius belajar , duduk di depan meja belajar .. atau minta ajarin temen kerumah belajar bareng * kalo aku belajar bareng ama temen dibilangnya aku yg ga merhatiin guru waktu nerangin ... sakit banget * .Pokoknya intinya itu .. serius , dan jangan nampilin tampang slengean dan ngegampangin sesuatu *padahal aku sendiri gitu* .

Ketiga :
ACTION ! .
Lakuin apa yang menurut kalian pengen lakuin. Tanpa harus ngelupain segala kewajiban yang kalian punya . Kalo kalian tipe anak - anak organisasi yang sibuk , lakuin aja kegiatan - kegiatan dan tugas - tugas kalian di organisasi tapi jangan sampe kalian ngelupain dan nyisihin waktu buat belajar .. Coba liat kaka kalian yang dibolehin ikut segala macem organisasi dan jadi BPH bahkan Ketua - ketuanya , Mungkin salah satu alasannya adalah karena mereka bisa ngejaga nilai akademis mereka .

Keempat :
Berani Nyoba .
Kalo kakak kalian yang anak - anak lomba atau yang aktif buat tampil dimuka umum . Maksudnya sering ikut lomba ini itu , kalian juga harus berani kaya gitu . Minimal kalo ga lomba , ikut -ikut aja gitu tampil disekola kalo kalian misalnya anak ekskul Padus , Saman atau Musik lainnya , gapapa dibilang kepedean , yang kita cari toh bukan masalah eksis engganya , tapi sebuah pengalaman. Nyoba aja , walopun kalian ga menang , *emang karena bukan lomba juga*

Theodore Roosevelt pernah bilang kaya gini :
" It is hard to fail , but it is worse never to have tried to succed ." 

Kegagalan itu emang nyakitin , kalo kalian ga menang lomba atau olimpiade atau apapun sedangkan kalian udah berusaha dan niat banget - banget .. itu sebenernya bukanlah suatu kegagalan . Kalian udah pernah nyoba ,kalian ga takut buat gagal . Kalian adalah pemenang , Pemenang buat dirimu sendiri . Pasti ada deh walopun sedikit perasaan bangga dihati kalian . Kalo kalian ga lolos ditengah - tengah .. tapi kalian harus liat ke belakang , udah berapa banyak orang yang kamu singkirin buat sampe sejauh itu .
Proud to Yourself  Guys .. :D


Kelima :
Sukses ditangan Kalian .
"A man is succes if he gets up in the morning and gets to bed at night, and in between he does what he wants to do "
Bob Dylan .

Kalian sukses karena kalian nempuh jalan kalian sendiri . Banyak jalan menuju sukses , tapi yang terpenting bagaimana cara kalian menuju ke tempat tujuan itu .
Rintangan pasti ada , tapi bagaimana caranya kalian ngehadapin rintangan itu supaya kalian bisa nemuin kesuksesan itu .
Kegagalan pasti bakalan dateng , tapi bagaimana caranya kalian bisa bangkit dari kegagalan itu dan jadi seorang pemenang .
Setiap sesuatu udah ada yang ngejalanin ,kita tinggal berusaha aja . 
(Amalita Fr.2010)

Kalian punya jalan sendiri yang beda sama kaka kalian . Kaka kalian pinter dibidang akademis dan jadi juara Olimpiade Internasional , kalian jago dibidang Musik , Jadilah musisi kelas dunia yang dikenal dan menginspirasi banyak orang . Roda kehidupan itu pasti berputar tunggu aja saat kalian berada diatas , rasain dulu pait manisnya berada dibawah .

Jadi inget apa yang dibilang Mba Asma Nadia tentang kesuksesan,
" Kesuksesan itu adalah jumlah kegagalan  ditambah 1 , tapi kita ga akan tau kapan satunya itu akan dateng , jadi tetep aja berusaha . "

Mungkin saat temen - temen udah putus semangat buat ngelakuin sesuatu , justru mungkin saat itulah Allah bakalan ngasih kejutan bonus satu keberhasilan dari banyak kegagalan yang temen - temen hadepin ,
Tetep berusaha yaaa :D Singkirkan bayang-bayang gelap kaka kalian dari diri kalian . Jadilah bintang yang bersinar paling terang diantara bintang - bintang yang terang . :D 

Just for share :
Aku juga punya cerita kok kalo masalah dibanding - bandingin gitu . Kaka ku yang dulunya SMANSA juga tuh yg bikin si mama kadang bawel nyuruh aku belajar ,padahal ni otak udah over dosis.
Mama ngeliat kaka ku itu bener - bener manteb , kalo ada apa - apa di kantor kaka , dia yang ditunjuk ngewakilin , kalo menang langsung naek jabatan ,, Wees mantab , pantesan kerja belom berapa lama udeh jd supervisor . Aku emang beeda ama dia , walopun keliatannya rajin , tapi kalo udah nyantai ... kebawa banget , smape lupa belajar . ckck .
Nah , dari situ aku mikir kalo aku gabisa kaya gitu , aku bukan dia , tapi aku bisa kaya dia buat ngusahain sesuatu yang bisa jadi mimpi kita .

Inti dari semuanya :
Jangan kelewat sebel deh kalo lagi dibandingin sama kaka , liat gimana cara dia ngeraih suksesnya bukan hasilnya . Jangan lupa minta saran dan motivasi dari mereka yaaa .. SEMANGAT ! :D
LOVE your SIBLINGS :)





No comments:

Post a Comment